Jumat, 22 April 2011

Pertemuan 4 : Konvergensi dan Konsentrasi di Industri Media

Yeahhh kita sampai di Pertemuan keempat Perkembangan Teknologi dan Komunikasi yang akan menampilkan tentang Konvergensi dan Konsentrasi di industri media.

Konvergensi sendiri berarti berpadunya teknologi dan rantai nilai (value chain) industri telekomunikasi, penyiaran, teknologi informasi,  dan konten, beserta  ikutannya sehingga khalayak  memperoleh layanan yang terpadu sesuai kebutuhan.

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi 
Menuju ke teknologi 3 layar (TV, komputer/laptop, HP), interaktif. Saat ini beberapa lembaga penyiaran sudah melakukan siaran percobaan dnegan menggunakan berbagai teknologi.


Tantangan Industri Penyiaran :

Regulasi
Regulasi yang berubah menyebabkan ketidak pastian peraturan berakibat sulitnya untuk membuat rencana usaha jangka panjang, serta tidak sinkronnya peraturan tingkat Daerah dan Nasional.

Infrastuktur
Dibutuhkan jaringan serat optik dengan penetrasi yang luas dan harga terjangkau untuk teknologi yang bersifat interaktif.

Trend Masyarakat
Kemajuan teknologi menyebabkan trend baru dalam masyarakat dimana informasi diinginkan lapan saja dan dimana saja serta berbagai jenis informasi. Sehingga menimbulkan segmentasi yang amat kecil dan khusus.

Model Bisnis
Dimasa yang akan datang lembaga penyiaran akan menjadi "Content Provider", dan mengingat trend masyarakat modern, maka terget pemirsa menjadi kecil sedangkan biaya program tetap tinggi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar