Jumat, 22 April 2011

Pertemuan 1 & 2 : Cyber Communication

Terbayangkan dalam benak saya bahwa Perkembangan Teknologi dan Komunikasi (Pertekom) menggambarkan tentang perkembangan teknologi alat komunikasi, ternyata setelah saya mendapatkan materianya, wuaaahhhh....!!!! terntaya ada banyak sekali keterkaitan  Perkembangan Teknologi dan Komunikasi dengan kegiatan kita sehari - hari, terlebih dalam hal pekerjaan.

Perkembangan Teknologi dan Komunikasi telah dapat merubah tata cara manusia untuk menyampaikan pesan dan informasi kepada manusia lain dengan begitu mudah, Bahkan kehidupan manusia modern tidak terlepas dari pengaruh penggunaan teknologi, contohnya komunikasi maya (Cyber Communication).

Cyber Communication Concept :
WHAT : CYBER COMMUNICATION  adalah salah –satu jalur penyaluran pesan lewat media massa yang distribusinya melalui jaringan internet, dimana cara penyajiannya bersifat luas, up to date (terkini), interaktif, dan 2 way communication, 
  WHY : dengan adanya media massa dalam wujud ini (CYBER COMMUNICATION), arus informasi yang ada dapat selalu ter-update kapan saja, berbeda dengan media masa cetak dan media massa siaran (elektronik).  
WHERE : Ranah communication cyber berada dalam ruang lingkup yang lebih global dan universal dari pada communication lain, karena internet merupakan jaringan yang menghubungkan secara virtual sebuah PC dengan PC yang berada di tempat lain, bahkan menembus benua dan samudra di planet kita. Communication  cyber berusaha menyalurkan arus informasi sesuai dengan cara kerja internet yang luas tanpa batas 

Tiga Kajian Pokok Cyber Communication :
KONSEP - Sub materi yang berisi sejarah, teori dan definisi-definisi yang harus dipahami dalam Komunikasi Cyber, agar dapat menghasilkan publikasi cyber yang memiliki nilai informatif dan sesuai dengan konsep komunikasi sebagai kajian utamanya, terutama dalam hal penulisan.
TEKNIKAL - Sub materi yang berkaitan dalam usaha memahami dan menerapkan Cyber Communication sebagai wadah penyalur informasi, termasuk teknik membuat PUBLIKASI BERBASIS DIGITAL. Seperti pemahaman MULTIMEDIA yang kini telah menyatu didalam konteks Cyber (HTML ,LINK)
VISUAL - Sub materi ini berisikan orientasi visual yang harus diketahui dan dipelajari, seperti gambar, foto, dan media interaktif lainnya yang akan menjadi daya tarik tersendiri pada publikasi cyber. 

Media Tradisional vs New Media
Kehadiran Media baru seperti internet, i-phone, i-pod memunculakan sebuah generasi yang berbeda dalam mengkonsumsi media. Media Tradisional ( Koran, Majalah, Tabloid, Buku )

Tradisional Communication vs Cyber Communication
Pergeseran komunikasi satu arah ke komunikasi dua arah (interaktif) dimana publik memiliki derajad yang sama tingginya dengan perusahaan, dana dapat menuliskan pengalaman baik dan buruknya dalam mengkonsumsi produk atau pelayanan melalui online social media, milis, blog, dsb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar